Tuesday 22 April 2014

Apakah Kelebihan Windows 7 yang Membuatnya Lebih Populer dari Windows 8?

AkuDuluAnak.Tk - Umur Windows 8 sudah dua tahun tetapi konsumen masih enggan melepas XP dan Windows 7. Bahkan karena keengganan itu, XP yang seharusnya di-shut down pada tahun ini ditunda ke tahun depan. Informasi terakhir yang di dapatkan Paseban dari Tech News Digest, popularitas Windows 7 masih lebih tinggi dari Windows 8. Padahal Windows 8 sudah berjalan dua tahun. Ini mengindikasikan kalau konsumen lebih memilih Windows 7 sebagai OS mereka ketimbang Windows 8 yang membawa nuansa baru. Kelebihan Windows 7 belum bisa ditandingi oleh Windows 8.

HP di situs resminya lebih menekankan pada produk-produk dengan OS Windows 7. Ini dikarenakan kepopuleran Windows 7 masih berada di atas Windows 8. Ini salah satu promosi yang paling menonjol untuk produk ber OS Windows 7, bahkan HP mengatakan konsumen bisa menghemat higga US$150 bila membeli perangkat ber-OS Windows 7. Apa yang membuat kepopuleran Windows 7 lebih baik dari Windows 8? Bukan kah secara tampilan metronya Windows 8 lebih bagus dan beberapa fitur yang membuat Windows 8 lebih unggul?

Meskipun skeptis, tim DirectX entah bagaimana telah berhasil meyakinkan bahwa mesin gaming yang dapat bekerja seperti PC akan berhasil di terima penggemarnya sebagai media hiburan di ruang keluarga.

Dan pada Game Developers Conference (GDC) di tahun 2000, Microsoft sudah cukup untuk menunjukkan kepada dunia bahwa perusahaan ini pantas diperhitungkan di dunia game, dan kehadiran Bill Gates di atas panggung telah menghapus keraguan para pengembang akan mesin game dari Microsoft ini.

Harga

Sama dengan pendapat HP. Harga Windows 8 lebih mahal dari pada Windows 7. Bedanya bukan tidak sedikit, harga Windows 8 untuk yang Pro US$200 atau sekitar Rp2,3 juta dan Windows 7 Pro dapat dibeli dengan harga US$142,95 atau sekitar Rp1,700,000. Produsen laptop atau PC pasti lebih suka dengan Windows 7, mereka bisa menawarkan produknya dengan lebih murah. Di-bundle dengan Windows 8, konsumen bisa terkejut melihat harganya padahal spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan produk ber OS-kan Windows 8.

Dahulu pada tahun 90-an atau hingga 2000 mungkin Windows bisa memonopoli harga karena saingannya belum ada. Mac OS? Sepertinya bukan pilihan oleh banyak konsumen. Saat ini, orang bisa memilih Android, iOS atau Mac.


Penggunaan

Tidak bisa dipungkiri, saat ini pengguna komputer lebih banyak menggunakan layar bukan sentuh, apalagi PC desktop bahkan laptop. Windows 8 yang lebih fokus pada layar sentuh kurang bisa diterima oleh kebanyakan pengguna desktop. Di tambah, laptop dengan kemampuan layar sentuh harganya jauh lebih mahal dengan laptop bukan layar sentuh. Alhasil, orang lebih memilih layar biasa dan OS-nya Windows 7.

Jujur, nyaman mana Anda menggunakan mouse di Windows 8 atau di Windows 7? Sebagian besar pasti menjawab Windows 7 karena memang Windows 8 lebih fokus pada sentuhan jari-jari Anda.

Dukungan Software

Ada Windows Store untuk Win 8 tetapi, cukupkah memenuhi kebutuhan Anda? Hingga saat ini Windows Store masih minim aplikasi. Dan ketika ingin memasang software Windows 7 ke Windows 8 ternyata tidak berjalan.

Ini salah satu kekecewaan yang besar bagi banyak pengguna Windows. Apalagi untuk kantor-kantor yang sudah bertahun-tahun menggunakan software tersebut di dalam sistem mereka. Ketika menginstal Windows 8, software tersebut tidak berfungsi dengan baik. 

Alhasil, perusahaan-perusahaan banyak yang men-downgrade Windwos 8-nya ke Windows 7. Windows 8 belum membagi secara luas kernelnya hingga pengembang software sulit mengadaptasikan software buatan mereka ke Windows 8.

Kebutuhan Spesifikasi


Untuk dapat menginstal Windows 8 ke komputer Anda, kartu grafis paling tidak harus 512MB. Sedangakan untuk Windows 7 hanya membutuhkan 128MB saja. Untuk spesifikasi yang lain hampir sama dengan Windows 7. 

Seperti RAM 1GB, prosesor 1GHz, minimal HDD 40GB hanya area kosong harddisk lebih besar Windows 8 (20GB). Untuk komputer-komputer jaman sekarang ini tidak akan masalah, yang masalah adalah komputer-komputer yang sudah agak ketinggalan. 

Ini salah satu alasan mengapa konsumen mempertahankan menggunakan XP.

Kesimpulan
Windows 8 bukan produk yang buruk. Produk ini membawa perubahan besar dalam menggunakan komputer. Fitur-fiturnya juga bagus seperti booting dan copy yang lebih cepat, aksebilitas internet yang lebih baik, mempermudah pengguna dalam kehidupan digital seperti Twitter dan lain sebagainya. Sudah tentu Microsoft tidak membuat produk yang lebih buruk, masalahnya adalah ditermia atau tidak oleh pengguna. Ini bisa kita sebut sebagai masa transisi, transisi dari mouse ke jari Anda. Wajar bila masa transisi banyak yang menolak karena masih menggunakan teknologi sebelumnya.itunda tahun depan. itulah kelebihan Windows 7 jika dibandingkan dengan Windows 8. 
Sumber | Portal Paseban

Bagikan

Jangan lewatkan

Apakah Kelebihan Windows 7 yang Membuatnya Lebih Populer dari Windows 8?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1. Kami membutuhkan kritik dan saran anda.
2. Kritik dan saran anda sangat diperlukan oleh kami agar kami bisa lebih baik lagi.
3. Berkomentarlah yang bermanfaat

t