Saturday 30 November 2013

Ditemukan 'WC Umum' Tertua di Dunia Berusia 240 Juta Tahun

Ditemukan 'WC Umum' Tertua di Dunia Berusia 240 Juta Tahun - i7-core.blogspot.com
i7-core.blogspot.com -Toilet umum menjadi hal yang dianggap remeh untuk ditilik sejarahnya meski perannya sangat penting dalam kehidupan. Temuan dari Argentina baru-baru ini akan memberikan pengetahuan tentang permulaan "WC umum" dalam sejarah.

"WC umum" tersebut berasal dari era dinosaurus yang diperkirakan berusia sekitar 240 juta tahun. Tempat tersebut diklaim sebagai 'WC umum' pertama dan tertua di dunia karena terdapat ribuan fosil kotoran hewan di sana. Para peneliti menemukan kandungan seperti tumbuh-tumbuhan yang dimakan reptilia jaman purba itu dari kotoran-kotoran yang ada.

Temuan itu berupa fosil selebar 40 cm dan berat beberapa kilogram yang ditemukan di 7 titik di provinsi La Rioja. Bentuknya ada yang seperti sosis, bulat-bulat dengan warna abu-abu mulai dari keputihan hingga coklat gelap. Para peneliti yakin kotoran itu milik dinosaurus yang bertubuh raksasa.

Penemuan itu juga memberikan pengetahuan bahwa pada hewan masa itu ternyata juga memiliki sistem MCK bersama untuk menghindari penyebaran parasit. Alhasil tempat itu diklaim sebagai "WC umum" pertama dan tertua di dunia. Sebelumnya, tempat yang diyakini sebagai "toilet umum" tertua di dunia diperkirakan berumur sekitar 220 juta tahun lalu.

"Pertama, itu penting untuk menghindari penyebaran parasit, gampangnya 'jangan buang air besar di tempatmu makan'," ucap seorang peneliti. "Tapi itu juga menjadi peringatan bagi pemangsa."

Bagikan

Jangan lewatkan

Ditemukan 'WC Umum' Tertua di Dunia Berusia 240 Juta Tahun
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1. Kami membutuhkan kritik dan saran anda.
2. Kritik dan saran anda sangat diperlukan oleh kami agar kami bisa lebih baik lagi.
3. Berkomentarlah yang bermanfaat

t